Kamis, 25 Agustus 2011

Cara kerja VCD , CD dan DVD


punya VCD,CD atau DVD ? pasti punya deh , tapi gatau kan bagaimana cara kerja mereka ? haha ini ada sedikit penjelasan tentang VCD, CD dan DVD

VCD, CD dan DVD telah memberikan kemudahan untuk mneyimpan data, musik, gambar, dan film. Tentunya VCD , CD dan DVD tidak hanya bisa diputar pada VCD player , CD palyer dan DVD player, tapi juga bisa digunakan pada komputer.

Video Compact Disc (VCD) , Compact Disc (CD) dan Digital Video Disc (DVD) berbentuk cakram yang tipis. Nah, gimana cara kerjanya VCD , CD dan DVD agar bisa dibaca playernya. VCD , CD dan DVD memiliki lintasan seperti spiral (spiral track) yang menyimpan informasi. Untuk membaca data yang tersimpan di dalamnya, digunakan sinar laser sebagai pendektesi. Dan dari bentuknya yang seperti cakram yang tipis, jika dilihat dibawah mikroskop akan terlihat ada daerah naik. Daerah naik ini dinamakan dengan "pit" atau "lubang-lubang". Dan daerah yang lainnya adalah daeah yang datar yang disebut dengan "land" atau "dataran".



Pit ini dilapisi oleh plastik yang transparan berfungsi sebagai pemantul cahaya laser yang diterima. Jika diamati ketika VCD , CD dan DVD berotasi pada palyernya, akan terlihat pantulan sinar laser dari pit. Kemudian diteruskan pada sebuah detektor. Pantulan cahaya tadi berfluktuasi ketika melewati pit dan land. Fluktuasi inilah yanga akan mengirim data dalam bentuk angka-angka biner (0 dan 1).

Agar sinar laser yang berfluktiasi ini dapat terdektesi oleh detektor, VCD , CD dan DVD ketebalannya ditentukan oleh interferensi destruktif. Sinar laser yang melewati pit, sebagian sinarnya juga dipantulkan melewati lintasan land. Kedua sinar yang melewati lintasan yang berbeda ini bergabung menjadi interferensi destruktif dengan ketebelan pit setengah panjang gelombang sinar laser yang jatuh pada tepi pit. Nah, dengan demikian cahaya laser dapat dideteksi oleh detektor hingga data atau informasi sampai dan kita pun dapat mendengarkan musik, film dan dapat melihat data dikomputer serta pada playernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar