Minggu, 04 Maret 2012

Sepeda motor listrik Hybrid (ramah lingkungan)

Halo gan semua , udah lama admin ga update ini blog lagi heheh sekarang deh baru keliatan nongol lagi ane :D maap abis betapa dulu nih mencari inspirasi hehehe

Di sini saya menggunakan sistem Hybrid, sistem Hybrid adalah system pembangkit listrik yang terdiri dari 2 atau lebih system pembangkit dengan sumber energi yang berbeda. Keunggulan sistem Hybrid adalah Meningkatkan waktu layanan listrik secara ekonomis, Mampu mengoptimalkan kemampuan system pembangkit dan Meningkatkan keandalan (reliability) dan kualitas suplai listrik. Sepeda Motor Listrik Hybrid (Ramah Lingkungan) ini mampu untuk di bawa jarak jauh, Karena dalam Sepeda Motor Listrik Hybrid ini dilengkapi oleh 6 Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (Angin) dan 6 Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Yang mampu menopang perjalanan jauh.




Cara kerja Sepeda Motor Listrik Hybrid (Ramah Lingkungan) ini adalah Pada saat sepeda motor listrik hybrid ini berjalan di jalan raya maka akan ada hembusan angin dan Energi angin akan memutar kincir angin mini atau turbin angin diteruskan untuk memutar rotor pada generator dibagian belakang turbin angin, sehingga akan menghasilkan energi listrik. Energi Listrik akan di simpan dalam Aki. agar tidak overcharge maka dibutuhkan alat yang bernama charge controller, lalu dari aki energi listrik DC akan di ubah menjadi energi listrik AC dengan menggunakan inverter dan listrik bisa di pakai dan di salurkan ke motor listrik. Pada saat matahari terik maka panel surya akan bekerja. Panel surya akan menampung sinar matahari kemudian panas yang dihasilkan dirubah menjadi listrik DC/ Direct current. Listrik DC ini disimpan dalam aki, karena aki adalah arus DC, agar tidak overcharge maka dibutuhkan alat yang bernama charge controller, setelah listrik DC/Aki tersimpan maka agar dapat anda nikmati tentunya listrik DC yang dihasilkan oleh modul panel surya dan yang tersimpan di aki harus dirubah menjadi listrik AC/Alternating current, alat tersebut bernama inverter DC ke AC. Output dari power inverter inilah yang akhirnya mengeluarkan listrik alternating current dan di salurkan ke motor listrik.


Sistem Hybridnya adalah pada saat keadaan hujan, panel surya tidak bekerja dan yang bekerja adalah kincir angin.


Saya akan memanfaatkan energi tambahan pada “Sepeda Motor Listrik Hybrid “ ini. Dengan memanfaatkan energi mekanik yang di ubah menjadi energi listrik.


Cara kerjanya, Dinamo putar di pasang pada poros poros roda sepeda motor listrik hybrid, sepeda motor listrik hybrid jalan dan roda akan berputar, dinamo tergesek berputar hingga menghasilkan listrik yang di tampung di aki dan di salurkan untuk menggerakkan motor listrik. Untuk awal memang perlu tenaga pemancing yaitu menggunakan aki kering. Setelah kendaraan jalan pada kecepatan tertentu (cukup memutar dinamo) kemudian saklar diubah kealiran dinamo. Mengapa memilih aki kering dari pada aki basah, karena aki kering bila untuk charge lama cepet tersalurkannya di bandingkan oleh aki basah.


Caranya, putus rangkaian plus antara aki kering ke motor listrik dan hubungkan dengan kabel plus dinamo yang sudah dipararel (4 buah) dengan saklar pemindah arus. Hubungkan kabel minus dinamo ke kabel minus aki kering. Pasang dinamo di roda Sepeda Motor Listrik Hybrid seperti pemasangan pada sepeda ontel (4 buah: 2 di depan, 2 di belakang) kemudian dirangkai pararel dan dihubungkan ke mesin listrik atau saklar (seperti langkah pertama).


Cara pemakaian, hidupkan mesin dengan menggunakan tenaga aki kering (saklar ke aki kering kemudian setelah berjalan pada kecepatan 20 km/jam pindahkan saklar ke setrum dinamo. akan menikmati energi konstan yang tak ada habisnya.

1 komentar:

  1. Mohon maaf bos..yg dimaksud 4buah 2depan dan2 belakang tu apa..?
    ..dan mesin listrik tu yg bagaimana..?
    ...apakah..rangkaian inverter...
    ...Mohon penjelasannya bos....

    BalasHapus